Untuk Tanteku yang sedang Sakit !

Untuk Tanteku yang sedang Sakit !

Sudah hampir 1 bulan ini tepatnya awal Dec sy dapat telp kalo tante sy yg tinggal di Reni Jaya sakit seorang diri karena suaminya sedang di Medan dan anak semata wayangnya ada di Menado. Tanteku ini gaul banget mudanya, penghasilannya dari membuka salon membuat pergaulannya terbiasa merokok sampai keponakan2nya manggil dia ‘mami okok’.

Begitu mama & sy jemput kerumahnya ternyata dia sudah 2 hari dirumah tetangga tergeletak lemas, terima kasih utk tetangga tanteku itu, tanteku yg dulu sgt menjaga pnampilannya & kukunya yg slalu panjang merah terawat itu terlihat spt seorang oma2 tua yang jauh lebih tua dr mamaku yg notabene beda 6th lebih tua darinya.

Dari situlah ptualangan sy terjadi dgn nganterin mama & tanteku berobat, tes lab, bulak balik RS utk mengetahui apa sih penyakitnya?? Pasti smua nebak, aahh namanya juga perokok.. paling2…..???? (temen di kantor seorang perokok yg aku critain aja udah males dengerin lanjutannya) Dikarenakan smua saudara, teman2 tante yang jenguk dan juga saudara2 di mnado & state bertanya2 apa penyebab penyakit tanteku maka saya bertanya kpd dokter & juga browsing2 di internet mengenai penyakit tanteku ini yg ternyata SEPELE! Eh, seGullit, or seRonaldo????

KE KENTALAN DARAH DALAM TUBUH, MENGAPA TERJADI???

Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air. Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah : Otak dan Darah.. !!

Ada satu pertanyaan yang masuk ke mailbox saya, yaitu "Mengapa harus minum air putih banyak-banyak. .?" Well, sebenarnya jawabannya cukup "mengerikan" tetapi karena sebuah pertanyaan jujur harus dijawab dengan jujur, maka topik tersebut bisa dijelaskan sbb:

Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, Sementara darah memiliki Komponen air 95%. Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Jumlah di atas harus ditambah bila anda seorang perokok. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh Kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari…? Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri. Caranya…?

Dengan jalan "menyedot" air dari komponen tubuh sendiri. Dari otak…? Belum sampai segitunya (wihh…bayangkan otak kering gimana jadinya…), melainkan dari sumber terdekat : Darah. !! Darah yang disedot airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang yang encer. Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah), Ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal. Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan 400.000 rupiah seminggu untuk cuci darah

Eh, tadi saya sudah bicara tentang otak ‘ kan…? Nah saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya agak terhambat. Otak tidak lagi "encer", dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, Lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya..(ya wajarlah namanya juga kurang makan…) Bila ini ditambah dengan penyakit jantung (yang juga kerjanya tambah berat bila darah mengental… ), maka serangan stroke bisa lebih lekas datang.

Sekarang tinggal anda pilih: melakukan "investasi" dengan minum sedikitnya 8 gelas sehari- atau- "membayar bunga" lewat sakit ginjal atau stroke. Anda yang pilih…! Forwardlah E-mail ini kepada keluarga, sahabat dan orang-orang yang Anda cintai.

Lebih dari 70% tubuh manusia terdiri dari air. Selain Oksigen, air mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita. Air diperlukankan oleh semua organ dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan sempurna seperti :

1. Proses pembuangan racun / toxin

2. Pelicin bagi sendi-sendi

3. Membantu proses pencernaan

4. Menstabilkan suhu tubuh

5. Metabolisma tubuh

Nah, sepele kan ??? Cuma krn kurang minum air putih! Tau ngak sudah hampir 1 bln ini sudah apa aja yg kami (keluarga besar) sudah keluarkan & bantu ??? Tidak sesepele daripada sekedar minum air putih… Bukannya mau mengungkit2, tapi semoga menjadi pelajaran bagi kita semua, betapa sehat itu sangatlah mahal harganya.

Biaya kamar RS perharinya kami ambil yg tdk terlalu mahal tp krn lama juga mondoknya jd bisa dibilang lumayan juga. Lucunya, tanteku hampir setiap hari diambil darah kentalnya yg katanya dibuang dgn cara dikucurkan ke ember sedangkan pasien disebelahnya harus selalu tambah darah. Setiap pembuangan darah kental itu dibuang lalu darahnya diperiksa ke labolatorium yg tidak murah harganya. Belum lagi pemeriksaan hematology, immunologi & radiology yang ada dikertas pembayaran RS yg sy baca dan kerjasama dokter2 spesialis ada beberapa nama yang pastinya tidak murah skali tengok.

Ada juga pemeriksaan yang kalau otak sy yg tumpul ini pikir “baru mau diketahui aja penyakitnya udah mahal banget” yaitu pemeriksaan CTscan yg tidak berhasil diketemukan sehingga harus meluncur ke RS lain dgn alat yg lebih canggih lagi yaitu MRI, jd inget mamaku yg stress & tak hentinya2 menjamin mata berdo’a utk tante sy itu tp bgitu keluar dr ruang MRI tanteku dng bahasa menadonya & senyum2 bilang “enak tare, ada musiknya”😉

Skrg, waktu sy buat tulisan ini, tante sy masih berada di rumahsakit (RS dimana mama sy dulu pernah menjadi perawat & bertemu jodoh dgn alm. papa) sudah mengalami stroke ringan yg terlihat dr tangan & kakinya yg tergolek lunglai dan sudah beberapa kali menjalani fisiotherapi dan rencananya hari senin nanti mau menjalani tes pengambilan sum2 tulang belakang krn diketahui ada sebuah titik diotaknya yg berwarna hitam…

Nah, kpd para pembaca sekalian sy mohon do’anya utk kesembuhan tante sy ini, dan kesehatan diri kita masing2, Amin.

Comments
2 Responses to “Untuk Tanteku yang sedang Sakit !”
  1. Kikie mengatakan:

    Mungkin bisa coba dibekam mbak Rina.. kayaknya manjur deh.. karena bekam kan mengeluarkan darah kental.. Adekku kebetulan bisa bekam orang, dan kita satu rumah rajin dibekam dua minggu sekali..

    Kalo tertarik bisa dateng ke klinik tempat bekam ini.. Just call me..

  2. Andriana mengatakan:

    Makasih Kie, mungkin kalo tanteku udah agak mendingan bisa sy usulkan pengobatan alternatif ini skalian sy juga mau coba. Salam untuk keluarga..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: